Ibu Hamil Kelebihan Berat Badan Dapat Memicu Diabetes

Ibu Hamil Kelebihan Berat Badan Dapat Memicu Diabetes - Berat Badan Ibu Hamil yang Berlebih biasanya disebabkan karena banyaknya konsumsi makan saat hamil untuk memberikan nutrisi untuk dua manusia (ibu dan janin), sehingga menyebabkan Ibu Hamil cenderung makan berlebihan. Banyak diantara mereka menambah porsi makan hingga 3X lipat, ditambah dengan berbagai camilan di waktu santainya. Padahal kenaikkan Berat Badan Ibu Hamil yang Ideal ada aturan atau rumusnya.

Ibu Hamil Kelebihan Berat Badan Dapat Memicu Diabetes

Standar Indeks Berat Badan Tubuh Ibu Hamil

Berdasarkan standar yang ditentukan oleh  WHO, wanita dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) saat sebelum hamil kurang dari 18,5, diperbolehkan menambah berat badan 12,5 kg hingga 18 kg sampai sebelum proses persalinan. Sedangkan bagi wanita dengan IMT normal 18,5 hingga 22,9 diperbolehkan kenaikan berat badan 11,5 kg hingga 16 kg selama kehamilan.

Bagi anda yang sebelum hamil sudah mempunyai berat badan diatas IMT, 23 hingga 24,9, hanya boleh ada penambahan berat badan 6 kg hingga 11 kg. Namun bagi wanita obesitas dengan Indeks Massa Tubuh lebih dari 25 kg, berat badan yang boleh bertambah saat hamil hanya 6 kg.

Berat Badan Ibu Hamil yang bertambah melampaui standar yang ditetapkan oleh WHO tersebut akan mengalami masalah kesehatan saat kehamilan, seperti diabetes mellitus gestasional dan Preeklampsia. Dan tentu yang paling ditakutkan bagi wanita adalah bagaimana cara menjaga berat badan setelah melahirkan.